KKN 119 UMY Bantu Kemampuan Digital Marketing UMKM Tenun Mozaik di Sleman

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Keadaan pandemik Covid-19 menghantarkan pada sejumlah masalah sosial hingga ekonomi. Hal ini tak luput pada turunnya produktifitas dan pendapatan UMKM.

Menindaklanjuti masalah tersebut, Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler IT 119 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengambil peran untuk memberdayakan mitra UMKM Tenun Mozaik agar semakin maju dan berkembang melalui kegiatan pelatihan Digital Marketing dan hibah barang untuk semakin meningkatkan produktifitas UMKM serta mendukung kemajuan UMKM.

Pengabdian Skema Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM berbasis IT yang diketuai oleh Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos., M.Si dan beranggotakan Linda Kusumastuti Wardana, S.Pd., M.Sc, Iswanto, Dr., S.T., M.Eng., IPM ini adalah solusi untuk menerapkan pemberdayaan masyarakat meskipun dalam keterbatasan pada saat pandemi sekaligus menjadi bekal untuk mahasiswa menerapkan keilmuannya kepada masyarakat.

“Melalui KKN berbasis IT dan program pengabdian dengan pendekatan IT berupa pemasaran menggunakan Shopee ini nantinya akan memudahkan mitra untuk memasarkan produknya sehingga diharapkan akan semakin mengembangkan kemajuan UMKM Mozaik,” jelas Dr. Adhianty Nurjanah,M.Si

Setelah satu bulan melaksanakan program KKN, kelompok KKN IT 119 pada hari Kamis, 18 Februari 2021 resmi dilakukan penarikan setelah berjalannya semua program pengabdian yang telah terlaksana. Selain memberikan pelatihan pengelolaan Digital Marketing melalui Instagram dan Shopee, KKN-PPM 119 turut memberikan hibah barang berupa Patung Manekin untuk UMKM Tenun Mozaik sesuai dengan kebutuhan mitra.

BERITA REKOMENDASI