KKN IT UMY Bantu UMKM Kuliner Promosi via Sosmed dan Aplikasi Ojek Online

Editor: KRjogja/Gus

KKN IT UMY menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui digital marketing dan media sosial sebagai promosi UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Kegiatan diikuti karyawan dan owner UMKM Pisang Lilit Kreez dan Kripik Belut.

Pelatihan memberikan pengetahuan dan edukasi cara mempromosikan produk kepada masyarakat melalui pemanfaatan digital marketing dan media sosial.
Dr. Firman Mansir, M.Pd.I selaku DPL menyampaikan kegiatan KKN-PPM berjalan dengan baik dan lancar, hal ini tidak lepas dari kontribusi dan bantuan mahasiswa KKN IT UMY 2021 yang sudah sebelumnya melakukan pengabdian di lokasi tersebut selama satu bulan.

“Sebagai DPL, kami memberikan support, saran dan hal-hal yang dibutuhkan kepada mahasiswa agar pengabdian ini mampu memberikan peran dan perubahan yang signifikan kepada mitra UMKM, khususnya dalam memperkenalkan pentingnya digital marketing dan media sosial. KKN-PPM ini juga bagian dari kerjasama antara mahasiswa KKN IT UMY 2021 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk memberikan kontribusi dalam pemberdayaan masyarakat UMKM di tengah pandemi covid-19 yang sedang melanda masyarakat di penjuru dunia, khususnya Indonesia.

Peserta pelatihan dibantu dengan dibuatkan akun media sosial seperti instagram dengan tujuan mampu mempromosikan produknya dengan efektif. Selain Media Sosial, UMKM juga dibuatkan akun pada marketplace seperti Shoope dan akun go-food.

Menurut owner Pisang lelet krezz, kegiatan KKN-PPM ini sangat membantu dan memudahkan dalam mempromosikan produk. “Dahulun kami belum dikenal dan tidak tau sama sekali tentang media sosial seperti Instagram dan Go-food. Tapi setelah KKN-PPM ini berlangsung alhamdulillah produk kami sudah muncul di Shopee dan Go-food,” katanya.

BERITA REKOMENDASI