KKN-PPM 152 UMY Latih Batik Ecoprint PKK Bantul Timur

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – KKN-PPM 152 UMY menggelar program Pemberdayaan PKK Bantul Timur dengan Keterampilan Batik Ecoprint pada Minggu 24 Januari 2021. Program ini bertujuan meningkatkan ekonomi keluarga di masa pandemi Covid-19 dengan keterampilan teknik batik modern (ecoprint dan shibori) yang mudah dipraktikkan baik secara kelompok atau individu.

Materi disampaikan Erna Herawati (Owner Kedai Batik EKONANA) tentang pembuatan pewarna, cara melipat kain dengan benar, kemudian dilanjutkan dengan praktik membatik modern yaitu ecoprint dan shibori.

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Nana meyampaikan terima kasih kepada KKN 152 UMY beserta Bapak Azhar selaku DPL karena kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan di masa pandemi covid-19.

“Sejak pandemi Covid-19 melanda bangsa Indonesia, terhitung mulai awal tahun 2020 seluruh masyarakat Indonesia terdampak secara ekonomi dan yang paling terdampak adalah perekonomian keluarga. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi keluarga di masa pandemi Covid-19 dengan keterampilan teknik batik Ecoprint maupun teknik batik Shibori,” katanya.

BERITA REKOMENDASI