KKN-PPM UMY Ajari UMKM Ambal Kebumen Tata Kelola Koperasi

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN, KRjogja.com – Dalam rangka membekali pengetahuan dan pemahaman UMKM terkait koperasi, mahasiswa Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar pelatihan bagi pelaku usaha di Desa Entak kecamatan Ambal Kab Kebumen. Kegiatan bertajuk Tata kelola koperasi desa dalam penyokong ekonomi umkm digelar bekerjasama dengan Dinkop Kebumen.

“Kegiatan ini memberikan wawasan terkait dengan pentingnya koperasi untuk mendukung kemajuan ekonomi Desa dan bagaimana koperasi bisa di akses dan dibantu secara legal oleh pemerintah setempat serta bagaimana cara mengaksesnya,” ujar Gatot Supangkat dari Fakultas Teknik UMY selaku penanggungjawab kegiatan.

“Dengan adanya pelatihan koperasi bersama UMY dan dinkop kebumen menjadikan kami pengrajin Emping dan UMKM sekitar Desa Entak
dan pelaku UMKM lain lebih paham terkait dengan pentingnya gotong royong keuangan,” kata Pak Tri pemilik usaha emping.

Gatot Supangkat menambahkan perlunya menggalakan dan menggerakan koperasi Desa sebagai wujud dari kemandirian ekonomi desa selain dtunjang dari ADD, mengingat Desa sudah ada undang-undang Desa yang bisa mengembangkan potensi ekonomi desa secara maksimal.

BERITA REKOMENDASI