KKN-PPM UMY Bekali Kader Kesehatan Tamantirto Pengetahuan Penyakit Diabetes Mellitus

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Dalam rangka membekali pengetahuan dan pemahanan warga terkait penyakit Diabetes Mellitus, mahasiswa Program Kemitraan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar penyuluhan bagi kader kesehatan dan anggota PRA Aisyiah Tamantirto Kasiha Bantul belum lama ini.

“Kegiatan ini meningkatkan pengetahuan bagi para kader terkait penyakit diabetes mellitus sebagai penyakit tidak menular. Angka kejadian DM semakin meningkat, demikian juga dengan angka kematian akibat DM. Penyakit tersebut akan menimbulkan suatu beban bagi pelayanan kesehatan dan perekonomian pada saat sekarang dan di kemudian hari, baik secara langsung maupun tidak langsung,” ujar Dr. dr. Ratna Indriawati, MKes dari PSPD/ FKIK selaku penanggungjawab kegiatan.

Dr. dr. Ratna Indriawati, MKes menambahkan diabetes mellitus dikenal sebagai suatu penyakit gangguan metabolisme maupun kelainan vaskular. Sayangnya banyak penderita diabetes mellitus masih kurang memahami penyakit ini.

“Penting untuk diberi pengetahuan dan pendidikan mengenai seluk beluk penyakit diabetes. Kader dapat melakukannya melalui ceramah-ceramah kepada penderita diabetes serta kelurganya,” pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI