KKN PPM UMY Berdayakan Perajin Souvenir Jipangan Bangunjiwo

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta belum lama ini menggelar program Penggunaan Sarana Teknologi sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Produk dan Media Pemasaran bagi UMKM. Kegiatan dilakukan untuk mengembangkan potensi pengrajin Souvenir di Jipangan RT.02 Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

“Kegiatan ini mengenalkan penggunaan sarana teknologi kepada mitra sebagai sarana untuk memasarkan produk secara online sekaligus memberikan pendampingan kepada mitra dalam penggunaan sarana teknologi dengan membuatkan website sebagai sarana dalam pengembangan promosi dan meningkatkan pemasaran,” ujar DPL Arif Humaini yang juga dosen Pendidikan Bahasa Arab/Pendidikan Bahasa.

Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan diantaranya adalah menyertakan Alifa Craft dalam kegiatan UMKM Expo, membuat foto dan video produk, membuat katalog Alifa Craft, membuat akun Email, Facebook, Instagram/sosial media untuk AF Souvernier – FGD penggunaan akun sosial media.

Arif menambahkan mitra merasa sangat terbantu dalam meningkatkan pemasaran terlebih di saat pandemi ini dimana pasar sangat terasa sulit. selain itu, mitra mendapatkan pengetahuan yang baru dalam penggunaan dan pemanfaatan sarana teknologi.

Setelah mendapatkan fasilitas dan pengetahuan diharapkan Alifa Craft yang bergerak dalam UMKM kerajinan souvenir berupa tas dan kipas bisa eksis dan mengalami peningkatan yang lebih baik lagi ke depannya. (*)

BERITA REKOMENDASI