KKN-PPM UMY Beri Pelatihan E-Comerce dan Sosmed UMKM Totebag dan Tas Batik

Editor: Agus Sigit

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY menggelar Peningkatan Pemasaran UMKM Totebag Dan Tas Batik Melalui Promosi Media Sosial Di Wilayah Tamantirto Dan Kesehatan Kerja Masa Era Pandemi Covid-19. Kegiatan menggandeng Mitra UMKM Totebag dan Tas Batik di wilayah Tamantirto, Kasihan, Bantul pada tanggal 23-25 April 2021.

Penanggungjawab kegiatan sekaligus dosen Kesehatan masyarakat dan kedokteran keluarga, program studi pendidikan dokter (PSPD), fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Titiek Hidayati mengatakan kegiatan ini membantu para mitra terutama pada permasalahan teknik marketing dan pengiklanan produk melalui sosial media agar mampu meningkatkan pendapatan UMKM selama masa pandemi Covid-19 serta membantu agar mitra dapat menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja dalam usaha yang dijalankan sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan dan kesakitan akibat kerja.

“”Meskipun telah terjadi pandemi Covid 19, namun tidak menyurutkan langkah mitra dalam mengikuti kegiatan ini. Pelatihan ini membutuhkan kegiatan yang memerlukan demostrasi membuat akun media sosial dan e-commerse, serta latihan membuat branding pada produk Totebag dan Tas Batik dengan protokol kesehatan Covid 19 yang ketat,” katanya.

Ditambahkan metoda penyuluhan yaitu menggunakan audiovisual untuk menampilkan media power point dan video, setelah selesai penyuluhan dilakukan diskusi. Evaluasi kefahaman dilakukan dengan memberikan pertanyaan sehingga dapat mengukur tingkat peningkatan kefahaman setelah dilakukan penyuluhan, pelatihan dan diskusi.

“Peserta berharap adanya penyuluhan dan pelatihan serupa sehingga dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan, peserta merasa penyuluhan dan pelatihan ini sangat bermanfaat,” kata Titiek.

BERITA REKOMENDASI