KKN PPM UMY Beri Pelatihan Hadis dan Doa Ruqiyah Via Aplikasi Digital

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Program KKN PPM Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar pelatihan ‘Teknik Pengamalan Hadis-hadis tentang Doa-doa Ruqiyah Berbasis Aplikasi Digital’ di Desa Sengon Karang, 13 Februari 2021. Masyarakat cukup antusias mengikuti kegiatan yang digelar di masjid Nurul Jariyah Sengon karang RT 10 ini.

Dr. Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum dari jurusan Teknik Elektro selaku DPL mengatakan kegiatan ini memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pemahaman agama khususnya yang terkait tentang doa-doa ruqiyah yang bersumber dari hadis nabi. Selain itu juga memberikan pengetahuan tentang ruqiyah yang syar’i dan tidak syar’i

“Kegiatan pertama kali disampaikan dalam bentuk kajian agama yaitu dengan menyampaikan pentingnya mengetahui doa-doa ruqiyah yang didasarkan pada hadis Nabi yang sahih. Selanjutnya menyampaikan pengetahuan tentang penggunaan aplikasi tentang hadis-hadis doa-doa ruqiyah yang bisa bisa digunakan secara offline dengan menginstall terlebih dahulu,” katanya.

Dr. Rohmansyah menambahkan diharapkan masyarakat lebih mudah membaca dan mengamalkan doa-doa ruqiyah dalam kehidupan sehari-hari. Peserta juga diharapkan memahami dan menerapkan cara-cara ruqiyah berdasarkan hadis Nabi, yaitu dengan memegang pada bagian yang sakit jika sakit jasmani dan berdoa kepada sesuai tuntunan Nabi SAW.

Masyarakat Sengon merasakan senang bahwa lokasinya dijadikan sebagai tempat kegiatan KNN mahasiswa dan dijadikan tempat pengabdian oleh dosennya. Pengamalan hadis-hadis tentang doa-doa ruqiyah berbasis aplikasi digital merupakan hal yang penting dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Pengamalan hadis ruqiyah sebagai perhatian terhadap hadis Nabi untuk menjauhkan umatnya dari unsur kesyirikan kepada Allah. (*)

UMY

BERITA REKOMENDASI