KKN PPM UMY Beri Pelatihan Pemanfaatan Kelapa di Desa Sawahan

BANTUL, KRJOGJA.com – Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan penyuluhan kepada warga Desa Trimurti Srandakan Bantul. Kegiatan berupa pemanfaatan kelapa sebagai produk jual.

“Tujuannya untuk meningkatkan ekonomi warga masyarakat Desa Sawahan,” kata Ketua Program Pengabdian Erni Suryandari Fathmaningrum yang juga dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY kepada KRjogja.com. Kegiatan diikuti 50 peserta yang merupakan ibu-ibu anggota PKK serta warga masyarakat lainnya.

Fokus pelatihan diantaranya adalah membudidayakan olahan kelapa menjadi VCO untuk dijual guna meningkatkan perekonomian masyarakat desa Trimurti. Tim mempersiapkan materi dan bahan peraga pembuatan VCO yang kemudian dipresentasikan kepada peserta pelatihan. Materi yang disajikan saat presentasi antara lain, manfaat VCO sebagai produk makanan sehat, pemanfaatan kelapa sebagai bahan baku pembuatan VCO, tahapan proses pembuatan VCO.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dibantu 9 orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan masyarakat sebagai obyek dari pengabdian ini. Kegiatan pengabdian ini mendapat respon yang luar biasa dari perangkat desa dan masyarakat. Ini bisa dibuktikan dengan setiap kegiatan/program yang dilakukan masyarakat bersedia hadir dan meluangkan waktu mereka mengikuti kegiatan ini dari sejak sosialisasi dan koordiansi, penyuluhan, sampai ke pelatihan pemanfaatan kelapa menjadi produk yang bisa mempunyai ekonomis yang tinggi.

Beberapa hambatan yang terjadi masih dapat teratasi. Semua kegiatan dilakukan secara bertahap dan kontinu serta terkoordinir. Kegiatan ini secara nyata berdampak positif dengan berubahnya pola pikir dan cara pandang masyarakat terhadap kelapa yang sebelumnya hanya menjadi santan untuk memasak saja.

Hasil dari kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sehingga mereka mampu meningkatkan perekonomian mereka dengan memanfaatkan potensi kelapa yang ada di lingkungannya menjadi suatu produk yang dapat dijadikan sumber penghasilan guna meningkatkan taraf hidup mereka. (*)

BERITA REKOMENDASI