KKN-PPM UMY Beri Penyuluhan Pertanian dan Bagikan Bibit Durian

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan program pengabdian masyarakat di Dusun Kedungpoh Kidul Desa Kedungpoh Kecamatan Nglipar Kabupaten  Gunungkidul. Kegiatan berupa penyuluhan dan pembagian bibit durian dan alpokat.

Koordinator Program Dr Ir Sriyadi MP yang juga Dosen Agribisnis Fakultas Pertanian UMY mengatakan peserta sasaran adalah 100 orang petani di Dusun Kedungpoh Kidul. “Kegiatan yang dilakukan yaitu  memberikan penyuluhan dan pembagian bibit durian dan aplokat. serta memberikan pengetahuan ataupun bekal bagi masyarakat dalam membudidayakan durian dan aplokat,” kata Dr Ir Sriyadi dalam siaran pers yang diterima KRjogja.com.

Penyuluhan dan pembagian bibit tanaman durian dan aplokat dilakukan oleh peneliti dan tim Kelompok KKN 078 UMY. Sebagai penyuluh dalam Penyuluhan tentang tata cara menanam durian dan aplokat adalah Dr Sriyadi dan dibantu oleh tim Kelompok KKN 078 UMY.

Disamping penyuluhan tentang tata cara budidaya durian dan aplokat pada kesempatan ini juga dibagikan bibit pohon durian dan pohon aplokat. Penyuluhan dan pembagian bibit tanaman durian dan aplokat bertujuan agar masyarakat dapat mendapatkan hasil dari tanaman yang mereka tanam.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu, 5 Februari 2020 pada pukul 08.00 – 10.30 bertempat di balai dusun Kedungpoh Kidul. Penyuluhan dan pembagian bibit tanaman durian dan aplokat dihadiri oleh Lurah Desa Kedungpoh, Kadus Dusun Kedungpoh Kidul dan juga pengurus dan anggota kelompok wanita tani yang ada di Pedukuhan Kedungpoh Kidul sebanyak 100 orang. Pada kesempatan ini dibagikan kepada masyarakat berupa bibit tanaman durian dan bibit tanaman aplokat sebanyak 100 bibit tanaman durian dan bibit aplokat.

“Kegiatan ini sangat disambut dengan penuh antusias oleh para ibu-ibu serta anak remaja yang ada di dusun  Kedungpoh Kidul Desa Kedungpoh Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul DIY.

Lurah Desa Kedungpoh Dwi Yono, menyambut baik kegiatan penyuluhan dan pembagian bibit Durian dan Aplokat. “Semoga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” katanya.

Sedang Kepala Dusun Kedungpoh Kidul, Sutejo, mengatakan baik kegiatan penyuluhan dan pembagian bibit buah, harapannya bisa memotivasi dan menyemangati masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan. “Semoga dapat meningkatkan pendapatan kesejahteraan masyarakat Kedungpoh Kidul, dan berharap masih dilakukan lagi pengabdian dibidang lain,” kata Sutejo.

BERITA REKOMENDASI