KKN-PPM UMY Dampingi UKM Rebranding dan Optimasi Sosmed

Editor: Agus Sigit

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY menggelar PENINGKATAN PRODUKTIVITAS USAHA MELALUI REBRANDING DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN UMKM KERIPIK DUA MAWAR DAN UMKM KERIPIK.

“Program ini untuk membantu UMKM lebih mandiri dan meningkatkan daya saing melalui rebranding dan pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran, kata ketua Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY, Erni Suryandari Fathmaningrum, SE, M.Si.

Ditambahkan kegiatan re-Branding produk (desain packaging) dilakukan dengan sosialisasi mengenai pentingnya mengembangkan desian kemasan agar terlihat lebih menarik dan ‘menjual’ kemudian mendistribusikan bahannya melalui stiker, kemasan zip-lock, logo. Dilanjutkan Sosialisasi dan pelatihan digital marketing dengan mengadakan pelatihan mengenai
bagaimana cara memaksimalkan pemanfaatan media sosial dalam mempromosikan produk.

“Kegiatan juga melatih dalam pengelolaan administrasi keuangan secara sederhana maupun online. Sosialisasi cara penggunaan aplikasi ‘Kas Online’ yang sudah tersedia di playstore dalam mengatur urusan administrasi keuangan usaha dan memberikan bantuan alat pengemas produk dan pebuatan label usaha, serta membantu pembuatan papan nama usaha dan membantu penyediaan rak display produk,” tambahnya.

UMKM merasa sangat terbantu dengan adanya KKN IT 230 UMY yang membantu mereka dalam meningkatkan brand usaha yaitu dengan adanya logo usaha yang tadinya mereka belum punya dan memperluas pemasaran mereka melalui media sosial.

BERITA REKOMENDASI