KKN PPM UMY Gelar Program Kesehatan Lansia di Pakuncen

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di wilayah Pakuncen Wirobrajan Kota Yogyakarta menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan khususnya bagi lansia. Kegiatan digelar pada tanggal 6, 12, 13 Pebruari 2021 dengan diikuti Kader Lansia RW 04 Pakuncen.

Siti Aminah Tri Susila Estri selaku DPL mengatakan seminar dihadiri 15 orang kader dan wakil lansia dengan pemberian materi pelatihan pemeriksaan darah kepada 4 orang kader lansia, pemberian makanan tambahan kepada 100 orang lansia. ” Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku kader lansia dalam pemeriksaan kesehatan lansia dan perawatan kulit sehari-hari, sehingga keluhan gatal atau penyakit lainnya dapat dicegah,” katanya.

Ceramah/seminar dan diskusi kesehatan kulit lansia dan penyakit kulit pada lansia diberikan oleh dr. Siti Aminah TSE, M.Kes, SpKK. Sementara pelatihan kader kesehatan untuk pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol dan asam urat, dilanjutkan pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol dan asam urat kepada kader diberikan oleh dr. Sherly Usman, M.Sc dan dr. Siti Aminah TSE, M.Kes, SpKK.

“Pemberian makanan tambahan yang sesuai untuk kesehatan lansia (bubur kacang hijau dan buah) kepada 100 orang. Bubur kacang hijau dimasak oleh kader/masyarakat melalui UMKM Kencana Boga dan Guyub Pakuncen yang ada di RW 04 tersebut,” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI