KKN-PPM UMY Gelar Program Promotif dan Preventif Covid di Sedayu

Editor: Agus Sigit

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY menggelar program PROMOTIF DAN PREVENTIF COVID-19 DI WILAYAH PUSKESMAS SEDAYU BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Pengabdian dilakukan di Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, tepatnya di wilayah Puskesmas Sidayu I pada 15 Februari hingga 28 Februari 2021.

“Sasaran dari kegiatan ini yaitu masyarakat di wilayah Puskesmas Sedayu I yang meliputi Warga yang melakukan isolasi mandiri, Lansia, dan Ibu hamil. Kegiatan ini diikuti oleh 60 warga lansia, 36 ibu hamil, dan 25 pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri,” kata ketua KKN-PPM sekaligus dosen prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, Alfun Dhiya An.

Ditambahkan kegiatan berlangsung dengan membawa 5 program yaitu dengan melakukan edukasi kesehatan terkait 5M, melakukan pendampingan kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri, melakukan skrining lansia terkait penyakit tidak menular (PTM) bagi yang memiliki komorbid, melakukan sosialisasi pada ibu hamil terkait pencegahan COVID-19, serta melakukan penyebaran poster titik lengah di tempat-tempat ibadah.

Kegiatan KKN Tematik yang telah dilakukan sangat bermanfaat dan dapat membantu pihak puskesmas maupun masyarakat untuk dapat menekan angka penularan COVID-19. Skrining komorbid pada lansia juga merupakan inovasi yang bagus dan dapat digunakan untuk jangka panjang. Selain lansia, ibu hamil juga sangat di untungkan dari kegiatan ini karena edukasi yang diberikan bermanfaat untuk mencegah kematian ibu saat hamil di era COVID-19.

“Seluruh program KKN yang dilakukan oleh kelompok 25 KKN Tematik di Puskesmas Sedayu 1 terealisasi secara nyata dan berjalan sesuai rencana. Program yang meliputi edukasi Protokol Kesehatan, pendampingan pasien positif COVID-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri, skrining lansia dan program tambahan sosialisasi kehamilan di era COVID-19 telah berhasil terlaksana dan diharapkan dapat dilakukan sebagai program jangka panjang dan terus diperbaiki,” tambahnya.

 

BERITA REKOMENDASI