KKN PPM UMY Kenalkan Ecoprint pada Warga Dusun Gebang

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Desa Kanigoro Gunung Kidul memberikan pelatihan pembuatan ecoprint bagi warga setempat.  Kegiatan yang sudah berlangsung 26 Januari – 2 Februari 2020 diikuti sekitar 20 ibu rumah tangga di Desa Kanigoro.

“Kegiatan ini membekali warga dengan keterampilan baru yaitu ecoprint. Memberi pengetahuan tentang sumber daya alam di sekitar warga untuk diolah menjadi barang yang lebih bernilai,” kata Ketua Program Pengabdian Puthut Ardianto yang juga dosen Pendidikan Bahasa Inggris UMY.

Kegiatan ini diawali dengan penjelasan apa itu ecorpint dan bagaimana proses pembuatannya. Pada pertemuan pertama, 26 Januari 2020, peserta dikenalkan dengan teknik basic ecoprint, dimana daun utama yang digunakan adalah daun jati.

Sedangkan pada pertemuan ke dua, Minggu 2 Februari 2020, peserta dikenalkan dengan teknik botanical ecoprint dengan menggunakan daun-daun yang lebih variatif tetap yang ada di sekitar warga yaitu daun jarak wulung, daun jambu biji, daun kersen, daun kelngkeng, dan daun akasia.

Warga merasa terheran-heran dengan hasil cetakan daun di atas kain, warga tidak menyangka daun-daun yang selama ini tidak memiliki nilai di mata mereka, bisa menjadi karya yang bagus dan bernilai jual. Meskipun kegiatan ini terlaksana hanya dua kali pertemuan, namun antusias warga untuk belajar mendapatkan keterampilan baru sangat luar biasa. (*)

BERITA REKOMENDASI