KKN-PPM UMY Latih Ketakmiran Masjid Islamic Center Al-Muqorrobin

Editor: Agus Sigit

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Prodi Hukum, Fakultas Hukum UMY menggelar program MEMBANGUN MANAJEMEN KETAKMIRAN MASJID ISLAMIC CENTER “AL-MUQORROBIN” YANG IDEAL DAN SESUAI PROTOKOL KESEHATAN COVID-19. Kegiatan diikuti pengurus Takmir Masjid Islamic Center Al-Muqorrobin.

“Tim pengabdian pada masyarakat (KKN PPM) yang terdiri atas 3 (tiga) orang dosen UMY yang diketuai Nasrullah, dengan anggota M. Khaeruddin Hamsin dan Mifatahul Haq telah melakukan Pengabdian pada Masyarakat berupa pendampingan pembentukan dan pemberdayaan Takmir Masjid Islamic Center Al-Muqorrobin Sewon sejak awal Januari 2021 yang lalu, ujar Ketua Program Kemitraan Masyarakat (PKM) sekaligus dosen Prodi Teknologi Mesin/ Program Vokasi UMY, Nasrullah, S.H., S.Ag., MCL.

Masjid yang terletak di Kampung Pringgan, Cepit, Pendowoharjo, Sewon ini adalah masjid yang sedang dalam proses pembangunan di atas tanah wakaf seluas 750 m² dari Wakif Ibu Tuginem. Proses penentuan lokasi pengabdian ini sangat menyentuh hati tim pengabdi dan para donator pembangunan masjid yang masih berlangsung karena ternyata Wakif adalah seorang pedagang sayur di Pasar Lempuyangan Kota Yogyakarta yang ikhlas mewakafkan tanah pekarangan demi memenuhi kebutuhan tempat ibadah dan kegiatan sosial masyarakat dan tempat mengaji anak-anak sekitar.

“Ketua tim pengabdi dibantu oleh M.Khaeruddin Hamsin kepala LPPI/Ketua Takmir Masjid Kampus UMY dan Miftahul Haq Ketua Yayasan Masjid Al-Aman Sidoarum terpanggil untuk mempersiapkan rangkaian kegiatan yang terstruktur dan sistematis dimulai dari mendampingi pembentukan pengurus ketakmiran sampai dengan pendampingan terhadap pengurus takmir yang telah terbentuk dalam melakukan berbagai kegiatan ketakmiran,” katanya.

“Mewakili tokoh masyarakat, saya menyatakan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tim KKN PPM UMY yang telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat, khususnya dalam pendampingan pembentukan dan pemberdayaan Takmir masjid baru,” kata Ketua RT 07 Kampung Pringgan, Marjono.

 

 

BERITA REKOMENDASI