KKN-PPM UMY Latih Warga Panti Asuhan Membatik Sistem Ecoprinting

Editor: Agus Sigit

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris/Fakultas Pendidikan Bahasa UMY menggelar PEMBERDAYAAN WARGA PANTI ASUHAN MELALUI PENGELOLAAN KEGIATAN DI BIDANG LINGKUNGAN DAN PENDIDIKAN Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Muhammadiyah Prambanan. Kegiatan digelar sepanjang bulan Februari 2021 dan diikuti warga panti asuhan.

Ketua KKN-PPM, Puthut Ardianto yang juga dosen Pendidikan Bahasa Inggris UMY mengatakan program ini memperkenalkan cara mengolah sampah dengan menggunakan aplikasi Rapel
dan memperkenalkan teknik Ecoprint sebagai salah satu penambahan keterampilan warga panti untuk mendorong mereka menjadi independen.

“Peserta dikenalkan dengan tanaman-tanaman di sekitar panti, lalu mendapat pengetahuan tentang proses Ecoprinting. Peserta melakukan proses Ecoprint dengan didampingi oleh pengusul dan mahasiswa KKN,” katanya.

Salah satu peserta pelatihan, Faris mengaku terbantu dengan pelatihan ini. “Suatu saat saya ingin menjadi pengusaha, dan saya rasa pelatihan ini mengajarkan saya kedepannya siapa tau bisa berbisnis Ecoprint dengan keterampilan yang sudah diberikan. Pelatihan ini juga dapat memberikan keterampilan baru bagi warga panti terutama bagaimana memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar panti, untuk dapat diolah menjadi barang yang bernilai lebih,” pungkasnya.

 

 

BERITA REKOMENDASI