KKN-PPM UMY Optimalkan Kemampuan Ecoprint UMKM Sekaron

Editor: Agus Sigit

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) UMY menggelar program PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN KAIN ECOPRINT UNTUK OPTIMALISASI UMKM SEKARON. Kegiatan digelar 9 dan 13 Februari 2021 di Sekaron Ecoprint, Jl. Mojo No. 15 Nogotirto, Gamping, SLeman dengan peserta dari komunitas Ecoprint UMKM Sekaron.

Ketua Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) sekaligus dosen Pendidikan Bahasa Inggris/Fakultas Pendidikan Bahasa UMY, Puthut Ardianto mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan keterampilan Ecoprint dengan mengenalkan teknik baru
sekaligus meningkatkan kemampuan digital marketing untuk produk ecoprint.

“Pada pertemuan pertama, pelatihan dilaksanakan mulai dari proses printing. Saat menunggu proses steaming (pengukusan), baru penjelasan tentang Scouring, Mordanting, dan Ekstraksi pewarna alami diajarkan.
Pada pertemuan ini, para peserta diberikan tugan untuk melakukan Scouring dan Mordanting sendiri.
Lalu pada pertemuan kedua, proses ecoprinting menggunakan hasil mordanting dari ibu2 peserta. Dari sini bisa diukur kemampuan melakukan Ecoprint mandiri setelah selesai pelatihan ini,” katanya.

Ibu Sri Wahyuni dari UMKM Sekaron mengakui sangat terbantu dengan pelatihan ini. “kami belajar banyak dari pelatihan selama dua pekan ini. Harapannya, akan ada semacam efek snow ball, semakin banyak yang menerima manfaat dari pelatihan ini. Pelatihan eco-print ini juga memberikan nuansa baru bagi UMKM Sekaron dengan diberikannya teknik baru dalam melakukan ecoprint. Selain itu, adanya sosial media bagi UMKM Sekaron juga membuat UMKM ini bisa lebih maju lagi,” pungkasnya.

 

BERITA REKOMENDASI