KKN-PPM UMY Sediakan Sarana Air Baku pada Wilayah Rentan Bencana Kekeringan

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com– Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berlangsung di Dusun Sinom, Desa Kedungpoh, Kecmatan Nglipar, Gunung Kidul 11 Juni 2020. Program ini antaralain menyediakan sarana air baku pada wilayah yang rentan terdampak bencana kekeringan. Kegiatan yang dilakukan antara lain menyiapkan peta sistem penyediaan air serta memberikan bantuan berupa tandon penyimpanan air.

Ketua Pengabdian Masyarakat Nursetiawan mengatakan program ditujukan kepada 70 kepala keluarga (KK) di Dusun Sinom dan Dusun Kedungpoh Tengah, Nglipar. Survei dan observasi, koordinasi dengan pihak Dusun/Desa, pemetaan jalur dan lokasi sarana air bersih eksisting, penyiapan dudukan tandon serta pemasangan tandon air.

Pihak masyarakat yang diwakili oleh kepala dusun sangat berterima kasih atas kegiatan pengabdian ini. Dengan biaya yang cukup besar untuk dapat tersedianya prasarana ini, akhirnya dapat tercukupi dari berbagai pihak kontributor, termasuk salah satunya kontribusi tandon penampung air dari pihak UMY.

Dengan telah tersedianya sistem penyediaan air bersih, sudah 70 KK yang mendapatkan layanan air bersih sampai dengan sambungan rumah. Secara mandiri, pada musim kemarau tahun ini masalah kesulitan air dapaty diatasi. Dusun Sinom dan Kedungpoh Tengah sudah tidak mendapatkan bantuan air tangki dari pemda. (*)

 

BERITA REKOMENDASI