KKN UMY Berdayakan Karang Taruna untuk Ekonomi Produktif dengan Kolam Lele

YOGYA, KRJOGJA.com – Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN-PPM UMY) melakukan pendampingan kepada Karang Taruna di Dusun Seropan 1, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo Bantul. Pendampingan tersebut berupa budidaya ikan lele.
Program KKN UMY ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M UMY). Sebagai dosen pelaksana adalah Isnaini Muallidin dari Fakultas Ilmu Pemerintahan.
“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberdayakan Karang Taruna agar mampu mengembangkan budidaya lele untuk peningkatan ekonomi kreatif,” kata Isnaini dalam siaran pers yang diterima KRjogja.com, Rabu (29/1/2019).
Tidak kurang dari 15 anak muda yang tergabung dalam karang taruna mengikuti pelatihan yang merupakan bagian dari pengabdian masyarakat UMY. Proses pemberdayaan dimulai dengan sosialisasi, dilanjutkan engan pelatihan pembuatan kolam, pelatihan budidaya lele, dan pelatihan tata kelola bisnis.
“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami pemuda dalam mengembang budidaya lele ini agar kedepannya dapat dijadikan unggulan di desa Seropan 1 dan harapan kami untuk kedepannya bisa di programkan untuk pengembangan untuk olahan lelenya,” kata salah seorang pemuda peserta pelatihan.
Menurut Isnaini, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya anak muda, sehingga kemugkinan akan ada tindaklanjut terkait pengembangan pengolahan ikan lele. (*)

BERITA REKOMENDASI