KKN UMY Regular IT Kelompok 151 Latih Produksi Media Pembelajaran Berbasis Youtube

Editor: KRjogja/Gus

KKN UMY Regular IT Kelompok 151 menggelar pelatihan pembuatan media pembelajaran daring Berbasis Youtube di Pesantren Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul, Rabu (20/1/2021). Program ini diharapkan meningkatkan kreativitas para ustadz dan guru di Pesantren Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul dalam membuat media pembelajaran daring berbasis Youtube.

Kegiatan workshop pembuatan media pembelajaran daring berbasis Youtube dimulai dari sosialisasi tentang pentingnya media pembelajaran online berbasis Youtube agar pembelajaran lebih efektif dan efisien selama pandemi Covid-19 yang disampaikan oleh Bp. Azhar selaku DPL KKN UMY. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan konten-konten kreatif sampai pada tahapan editing dan pendampingan mengunggah ke Youtube.

Ust. Seno selaku Mudir Pesantren Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul menyampaikan bahwa program pengabdian masyarakat UMY ini sangat bermanfaat bagi pesantren dikarenakan pembelajaran daring yang diselenggarakan di pesantren sementara ini masih menggunakan media Zoom dan Google Meet yang memberatkan siswa dikarenakan membutuhkan biaya internet yang cukup mahal dan terkendala sinyal. Dengan media pembelajaran berbasis Youtube ini, santri bisa kapan saja mengakses.

Para santri Pesantren Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul berasal dari berbagai penjuru daerah di Indonesia, maka belum memungkinkan untuk melangsungkan pembelajaran offline. Di sisi lain, Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) Pimpinan Pusat Muhammadiyah belum memberikan ijin bagi pesantren Muhammadiyah untuk melangsungkan pembelajaran offline.

BERITA REKOMENDASI