KWT Sedyo Rahayu Dilatih Membuat Sabun Cuci Tangan

BANTUL, KRJOGJA.com – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakatdi Dusun Polaman Argorejo Kapenawon Sedayu Kabupaten Bantul. Menggandeng Kelompok Wanita Tani (KWT) Sedyo Rahayu dan dibawah bimbingan apt Muhammad Fariez Kurniawan, M.Farm membuat pelatihan sabun Cuci Tangan dan Hand Sanitizer Berbahan Dasar Lidah Buaya dan Jeruk Nipis.

“Kegiatan telah dilakukan pada 28 Maret 2021 sebagai Upaya Pendukung Penerapan Protokol Kesehatan COVID-19 di Dusun Polaman, Argorejo, Sedayu, Bantul. Tujuan awal dilakukan kegiatan ini adalah memberikan informasi cara pembuatan ramuan herbal dalam upaya menjaga kesehatan selama pandemi COVID-19 memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur dan tanaman herbal yang banyak dijumpai di pekarangan rumah warga,” kata Muhammad Fariez.

Dia menjelaska selain itu dipraktikkan juga cara pembuatan sabun cuci tangan dan sabun cuci piring berbahan dasar lidah buaya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditutup dengan penanaman tanaman obat keluarga (TOGA) di kebun milik KWT Sedyo Rahayu. Seluruh rangkaian ini dimaksudkan agar anggota KWT dan masyarakat dusun Polaman pada umumnya memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam pembuatan ramuan herbal dan sabun cuci tangan secara mandiri.

BERITA REKOMENDASI