Mahasiswa KKN-PPM Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY Gelar Webinar Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY menggelar kegiatan webinar dengan Tema Survive sebagai Penderita dan Penyintas COVID-19. Webinar bekerjasama dengan Puskesmas Banguntapan 1 diikuti masyarakat umum, baik penyintas, pelaku isoman/penderita maupun petugas satgas COVID-19.

Dosen Pembimbing Lapangan Dr.drh. Tri Wulandari Kesetyaningsih, MKes mengatakan webinar ini memberikan pengetahuan dan sharing pengalaman klinis maupun psikis bagi orang yang terkena covid-19, sehingga audiens diharapkan dapat mengambil manfaat untuk mengenali secara dini gejala klinis infeksi covid-19 hingga melakukan langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan jika terkena covid19.

Acara dibuka oleh Kepala Puskesmas Banguntapan 1 Bantul, dr. Hendro Sulistyo, kemudian dilanjutkan dengan materi pertama dari Dr. Tri Pitara Mahanggoro, Ssi, Mkes. yang memberikan materi mengenai aspek psikologis dari infeksi covid-19, baik yang terjadi saat menderita infeksi maupun setelah dinyatakan sembuh. Materi kedua diberikan oleh dr. Agus Widyatmoko, SpPD., MSc mengenai aspek klinis dari covid-19, meliputi definisi kasus covid-19, tata laksana pasien covid-19, gejala, apa yang harus dilakukan jika menjadi suspek, saat positif, maupun setelah dinyatakan sembuh.

“Dari acara diskusi terungkap bahwa masih banyak yang belum memahami kondisi penderita setelah dinyatakan sembuh atau setelah melakukan isolasi,” katanya.

Acara dipandu dan dimoderatori oleh mahasiswa KKN. Di akhir acara diadakan pembagian doorprice berupa voucher pulsa bagi 4 peserta terpilih. Disimpulkan bahwa pelaksanaan webinar telah dilaksanakan dengan baik dan berhasil mencerahkan masyarakat terkait dengan penanganan infeksi covid-19, baik selama maupun setelah terinfeksi. (*)

BERITA REKOMENDASI