Mahasiswa KKN-PPM UMY Dampingi Guru Produksi Media Belajar Berbasis Audio

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRjogja.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) 04 UMY meggelar program workshop produksi konten pembelajaran jarak jauh dengan format Audio Podcast di SMP Muhammadiyah 1 Kokap Kulonprogo. Materi pembelajaran yang dikemas dalam konten audio pembelajaran kemudian didistribusikan melalui Spotify untuk bahan belajar para siswa.

Budi Dwi Arifianto selaku dosen Ilmu Komunikasi/FISIPOL UMY sekaligus DPL mengatakan program ini menjadi solusi bagi pembelajaran jarak jauh yang terkendala pada sinyal internet. Dikemas dalam bentuk audio, konten ini relatif lebih ringan sehingga masalah memori telepon seluler yang penuh karena materi pembelajaran dapat diatasi.

“Konten Audio adalah pilihan yang terhitung tidak mahal untuk dijadikan solusi pembelajaran jarak jauh khusunya di wilayah Kokap Kulonprogo. Pembuatan podcast dan pengelolaan radio komunitas juga mampu mengasah kreativitas guru dan siswa.

Dalam program ini juga menghibahkan seperangkat alat mini studio audio recording sehingga diharapkan dapat menjalankan proses praktik berkelanjutan bagi guru peserta workshop.

Program KKN Radio Edukasi dan Muhammadiyah mengajar yang dijalankan UMY mendapat apresiasi yang positif dari para guru di SMP Muhammadiyah 1 Kulon Progo. Di masa pandemi ini sekolah sekolah dari TK sampai SMP merasa terbantukan dengan andanya program KKN Radio Edukasi di wilayah kecamatan Kokap Kulon Progo. Diharapkan program ini berlanjut sehingga di bawah bimbingan UMY sekolah di wilayah tersebut semakin inovatif dan maju.

BERITA REKOMENDASI