Optimalisasi Pengelolaan Web Desa Poncosari Melalui Jurnalisme Warga

BANTUL, KRJOGJA.com – Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, Pemerintah Desa berkewajiban untuk memanfaatkan Sistem Informasi Desa (SID) yang telah disediakan oleh Pemerintah Daerah. Tujuan dari SID sebagaimana yang diharapkan oleh desa, antara lain adalah ketersediaan data, peningkatan kualitas pelayanan publik, pengelolaan seluruh potensi desa, mendorong partisipasi, transparansi dan akuntabilitas, serta memperkuat modal sosial.

Amanat tersebut telah dilaksanakan oleh Desa Poncosari yang terletak di Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. Namun demikian, dalam pengelolaan SID yang nampak dalam Web Desa Poncosari belumlah optimal akibat dari kurangnya updating data maupun informasi.

Bertolak dari fenomena tersebut, maka Sugito S.I.P., M.Si. bersama dengan Muhammad Zahrul Anam, S.Ag., M,Si melakukan program pengabdian masyarakat dalam skema program KKN PPM (Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2020 yang bekerja sama dengan Kelompok KKN Mahasiswa 074 dan 088 Desa Poncosari.

Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan adalah “Pelatihan Jurnalistik Warga dan Fotografi” yang diperuntukkan bagi pemuda dari 24 Dusun yang ada di Poncosari pada Senin (25/1/2021).

BERITA REKOMENDASI