Pelatihan Budidaya Air Tawar dan Pemasaran Online Ikan Guppy

TIM Program Kemitraan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PKM UMY) melakukan pelatihan Pemasaran dan Promosi Budidaya Ikan Air Tawar di Dusun Sengonkarang dan ikan Guppy di Metes melalui Media Sosial di Dusun Sengonkarang, Argomulyo, Sedayu, Yogyakarta dan Metes, Argorejo, Sedayu, Bantul Yogyakarta.

“Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatakan ekonomi masyarakat dengan adanya pelatihan promosi dan pemasaran ikan air tawar di dusun Sengonkarang dan ikan guppy di Daerah Metes. Kedua, memberikan pengetahuan tentang pentingnya pemasaran di masa pandemi Covid 19, sehingga mereka lebih kreatif menjual ikannya kepada konsumen melalui media sosial seperti facebook, instagram dan lain-lain. Dan yang Ketiga, memberikan semangat kepada masyarakat agar tetap bisa berkarya dengan meningkatkan keterampilan dan kreativitas dalam usaha budidaya ikan air tawar di masa pandemi Covid 19,” ungkap Ketua Tim PKM UMY Dr. Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.

Dia menjelaskan proses kegiatan pengabdian diawali dengan melakukan observasi dan wawancara kepada warga masyarakat dusun Sengonkarang dan Metes terutama kepada kelompok tani Minamulyo ikan air tawar dan Ikan guppy. Salah satu yang diwawancarai adalah Supriyanto sebagai ketuanya. Dari hasil wawancara ditemukan problem dan kendala yang dialami selama masuk dalam kelompok tani Minamulyo adalah pemasaran.

BERITA REKOMENDASI