Pemanfaatan Media Sosial Bagi UMKM di Balecatur

TIM Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN-PPM) memberi pelatihan bagi UMKM Kecap Manis Dua Ikan membuat platform pemasaran digital Balebelanja.id.

Tim dengan dosaen pempimbing Nur Hudha Wijawa ST MEng memberikan pemahaman kepada pelaku usaha mengenai faktor pendukung kegiatan usaha yaitu faktor manajemen usaha agar kegiatan usaha yang dilakukan tidak hanya berorientasi pada profit. Melainkan kegiatan usaha dapat terus berkembang di masa mendatang dengan memperhatikan dan menerapkan faktor pendukung kegiatan usaha. Selain itu, membantu UMKM untuk mengenal dan meningkatkan promosi dan pemasaran berbasis online, dan berdisiplin untuk selalu melakukan pembukuan yang lebih baik, sehingga produk yang dikelola dapat diketahui banyak orang dan mampu mengatur pola manajemen yang baik pula.

“Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini melalui skema KKN-PPM dapat memberikan pemahaman kepada pelaku usaha mengenai faktor-faktor pendukung kegiatan usaha yaitu faktor legalitas dan manajemen usaha agar kegiatan usaha yang dilakukan tidak hanya berorientasi pada profit semata, melainkan kegiatan usaha dapat terus berkembang di masa mendatang dengan memperhatikan dan menerapkan faktor pendukung kegiatan usaha,” kata Nur Hudha Wijawa ST MEng.

BERITA REKOMENDASI