Pemetaan Sebaran dan Pelatihan Kader Pendamping Penyintas COVID-19

BANTUL, KRJOGJA.com – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Puskesmas Bantul 1 pada 5 Maret 2021. KKN dibawah bimbingan Dr Lilis Suryani M.Kes ini mengadakan pembuatan peta sebaran COVID 19 di wilayah kerja Puskesmas Bantul dan melatih para kader kesehatan agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam mendampingi para penyintas COVID 19.

“Pembuatan peta sebaran COVID 19 memanfaatkan data rekam medis pasien positif Covid tahun 2020-2021 yang dimiliki oleh Puskesmas Bantul 1. Alamat pasien ditentukan titik koordinatnya menggunakan GPS. Selanjutnya data diolah menjadi peta dengan menggunakan sistem informasi geografis (software ArcGis). Peta yang sudah jadi dicetak dan hasilnya disosialisasikan kepada Kepala Puskesmas, para tenaga kesehatan, dan kader kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Bantul 1,” kata kata Dr Lilis Suryani MKes.

Sementara itu, sosialisasi dan penyerahan peta sebaran COVID 19 dilakukan oleh Dr.Lilis Suryani, M.Kes selaku ketua kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan dosen pembimbimbing lapangan makasiswa KKN di Puskesmas Bantul 1. Sedangkan pelatihan kader kesehatan pendamping penyintas COVID 19 dilaksanakan di Puskesmas Bantul 1 oleh para mahasiswa KKN kelompok 8.

BERITA REKOMENDASI