Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kasihan

UNIVERSITAS Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Puskesmas Kasihan II Bantul. Kegiatan dengan dosen pemimbing dr. Alfaina Wahyuni, Sp.OG., M.Kes. dari Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY ini mengambil tema Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pencegahan Penularan Covid 19 dan Optimalisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Puskesmas Kasihan II Bantul

dr Alfaina Wahyuni menjelaskan sasaran kegiatan ini adalah masyarakat sekitar, khususnya pasien yang sedang dalam masa ISOMAN, masyarakat usia lanjut yang memiliki komorbid dan kader kesehatan di Puskemas Kasihan II. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran Puskesmas dalam pendampingan dan pemantauan pasien yang sedang dalam masa ISOMAN, meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terkait kesehatan dan adaptasi kehidupan baru selama masa pandemi COVID-19. Selain itu, mengetahui risiko komorbid pada pasien lanjut usia serta melatih kader kesehatan masyarakat. Terutama dalam edukasi tentang program vaksinasi COVID-19 agar dapat menjadi perantara yang baik dalam mengedukasi masyarakat.

“Kegiatan yang dilaksanakan dalam program ini adalah pendampingan dan pemantauan berbasis IT yang ditujukan bagi pasien yang sedang dalam masa ISOMAN, penyaluran obat-oabatan bagi pasien yang sedang dalam masa ISOMAN, pelatihan kader kesehatan masyarakat dan edukasi kesehatan dengan menggunakan beberapa media berupa poster tentang adaptasi kehidupan baru selama masa pandemi, dan leaflet tentang diabetes melitus dan hipertensi,” ungkap dr Alfina.

BERITA REKOMENDASI