Peternak Lele di Poncosari Srandakan Dilatih Beri Pakan Otomatis

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) UMY di Dusun Bayuran RT.03 Poncosari, Srandakan, Bantul memberikan pelatihan bagi warga yang berprofesi sebagai peternak lele. Kegiatan ini memberikan wawasan baru bagi peternak lele penggunaan sarana teknologi dalam pemberian pakan lele dan melengkapi sarana perlengkapan alat pembibitan dan panen.

DPL Arif Humaini dari jurusan Pendidikan Bahasa Arab/Pendidikan Bahasa mengatakan program dengan tajuk pendidikan Penerapan Ilmu Teknologi Tepat Guna dengan Pemanfaatan Teknologi Alat Pemberi Pakan pada Budidaya Ikan Lele ini diikuti warga yang tergabung dalam kelompok pembudi daya ikan Mino Lestari 19.

“Sebagaimana diketahui bahwa ada alat yang sudah dikembangkan dalam pemberian pakan bagi ikan, alat ini memiliki tombol pengatur waktu kapan saja ikan akan diberikan makan, dan bahkan dalam pengembangannya alat ini bisa diatur dengan menggunakan HP android. Namun karena masih terkendala dengan harga dan pembuatan alat tersebut dari pihak produksi, maka di program kegiatan ini masih dalam rangka pengenalan belum bisa sampai pada penerapan pada alat terbaru tersebut,” katanya.

Arif menambahkan adanya alat teknologi yang bisa digunakan dalam peternakan lele ini dapat memberikan wawasan baru sehingga waktu yang digunakan dalam beternak lele ini bisa lebih efisien dan menghemat waktu para petani, diharapkan ke depannya bisa diterapkan sehingga kelompok pembudidaya ikan Mino Lestari dapat merasakan manfaatnya secara langsung. (*)

BERITA REKOMENDASI