PKM Farmasi UMY Ajak Masyarakat Bijak Kelola Sampah

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Farmasi prodi FKIK UMY menggelar Program Penerapan Sustainable Living Pada Rumah Tangga Dengan Pembuatan Produk Kesehatan Ramah Lingkungan. Program dengan sasaran ibu rumah tangga dan keluarga ini digelar malalui Aplikasi zoom tanggal 28 Juni 2021.

Ketua PKM, apt. Dyani Primasari S, M.Sc. yang juga dosen prodi Farmasi FKIK UMY mengatakan Kegiatan dilakukan dengan memberikan penyuluhan kepada peserta melalui aplikasi zoom karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Penyuluhan diberikan dengan dua topik, yaitu “Yuk Mulai Bijak Pilah dan Kelola Sampah Mulai dari Rumah” dan “Pembuatan Sabun dan Lilin dari Minyak Jelantah”.

“Topik yang pertama diberikan oleh Bapak Ananto Isworo, S.Ag. beliau merupakan tokoh penggerak masyarakat dalam hal sustanable living dan aktif dalam kegiatan kemuhamadiyahan. Kemudian topik kedua, yaitu pembuatan Sabun dan Lilin dari Minyak Jelantah”” diberikan oleh ibu Sisilia Warassari. Beliau adalah aktivis Green Naturalist mulai dari tahun 2012, kecintaannya terhadap produk natural membuatnya tergerak untuk menciptakan berbagai karya dari bahan-bahan alam tersebut,” katanya.

Ditambahkan dalam penyuluhan ini diberikan juga tips dan triks bagaimana membuat sabun dan lilin jelantah menjadi menarik dan dapat menciptakan daya jual. Hal ini semakin menarik minat peserta untuk mengelola sampah, salah satunya minyak jelantah.

Banyak peserta mempunyai minat terhadap hal ini dan akan memulai proses pemilahan serta pengelolaan sampah dari rumah masing-masing. Hal ini terlihat dari 94% respon peserta yang memberikan respon positif mengenai pengalamannya dalam melakukan pengelolaan sampah.

“Temanya sangat bermanfaat untuk kesehatan lingkungan dan pemanfaatan limbah menjadi sesuatu yg bermanfaat. Hal tersebut tidak pernah terpikirkan sebelumnya,” kata salah satu peserta.

 

BERITA REKOMENDASI