PKM FEB UMY Kenalkan Konsep Arisan Syariah

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) prodi Manajemen – Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY menggelar SOSIALISASI PENGELOLAAN ARISAN SESUAI SYARI’AH bagi warga di sekitar Masjid Baitul Jannah, Jetis RT 03 RW 10, Tamantiro, Kasihan, Bantul. Kegiatan digelar 1 Juli 2021 bertempat di Masjid Baitul Jannah.

Ketua Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) sekaligus dosen Manajemen – Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY, Wihandaru Sotya Pamungkas mengatakan tujuan kegiatan adalah memberikan pemahaman tentang arisan yang sesuai syaria’h, hal ini karena masih ada warga yang menjual arisan dibawah harga dan tidak ada pemindahan nama peserta arisan, dan iuran arisan masih dibayar oleh penjual arisan.

“Tim pengabdi melakukan penyuluhan terkait dengan arisan yang tidak sesuai syari’ah dan yang sesuai syariah dengan memberi contoh. Salah satu contoh arisan yang tidak sesuai syari’ah adalah praktek arisan dengan sistem iuran berkembang. Praktek arisan ini menunjukkan perbedaan jumlah setoran antara satu peserta dengan peserta lain berdasarkan urutan pengundian. Peserta yang memperoleh paling akhir memperoleh bagian yang paling besar,” katanya.

Warga sangat antusias mengikuti dan berdiskusi. Warga yang mengikuti arisan dan pengelola arisan memahami sehingga apabila terjadi jual beli arisan tidak di bawah harga dan nama penjual arisan diganti dengan nama pembeli arisan agar sesuai dengan syari’ah. (*)

BERITA REKOMENDASI