PKM UMY Ajari Siswa SMKN 5 Yogya Teknik Ecoprinting

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Pendidikan Bahasa UMY menggelar program Pelatihan Eco printing Bermotif Daun ala Jepang bagi siswa siswa SMKN 5 Yogyakarta. Pelatihan digelar 19 Juli 2021 bertempat di SMKN 5 Yogyakarta.

Ketua Program Kemitraan Masyarakat (PKM), sekaligus dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Pendidikan Bahasa UMY, Dedi Suryadi mengatakan salah satu tujuan kegiatan adalah memberikan referensi keterampilan dalam membuat suatu kerajinan yang murah, mudah, serta menghasilkan produk yang sangat beragam, memiliki cita rasa seni yang tinggi dan dapat diterapkan pada barang-barang fungsional, slow fashion, dan digemari masyarakat.

“Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara daring karena kondisi pandemi covid 19 berupa kegiatan webinar dan woskhop pelatihan eco print kepada siswa dengan menampilkan nara sumber Dr. Poppy Rahayu M.Pd, selaku Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNJ dan Selvia Novianti dari Prodi Pendidikan Seni rupa UNJ,” katanya.

Ditambahkan keuntungan memiliki keterampilan membuat seni eco printing sebagai salah satu jenis keterampilan dalam seni printing menggunakan flora yang ada dilingkungan tempat tinggal, sehingga menghasilkan berbagai produk fashion, aksesoris yang cantik dan bercita rasa seni sekaligus Meningkatkan kesadaran akan pentingnya suatu keterampilan bagi peserta pelatihan.

BERITA REKOMENDASI