PKM UMY Ajari Tanam Kangkung Dengan Budikdamber di Gamping

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Dusun Patukan Ambar Ketawang Gamping menggelar kegiatan penguatan ketahanan pangan keluarga di masa pandemi. Kegiatan diwujudkan dengan pelatihan budidaya sayur dengan sistem budikdamber.

Penanggungjawab kegiatan sekaligus DPL dari Kedokteran Umum FKIK UMY, Yoni Astuti, Ph.D menyampaikan kegiatan diikuti pengurus pengajian dan kader kesehatan Dusun Patukan. “Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan pola gizi untuk cegah obesitas perut dan peningkatan penyediaan bahan pangan melalui budidaya lele kangkung metode budikdamber,” katanya.

Ditambahkan kegiatan dilakukan secara bertahap mulai dari persiapan jadwal kegitan persiapan bahan dan materi penyuluhan serta pelaksanaan praktek.

“Selain pelatihan budikdamber kami juga menggelar penyuluhan tentang Gizi untuk mencegah obesitas di sampaikan kepada masyarakat yang sebelumnya dilakukan pre test terlebih dulu kemudian post test dilakukan setelah penyuluhan dan tanya jawab,” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI