PKM UMY Bantu Desain Taman Wisata Dusun Mrisi

Editor: KRjogja/Gus

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY di dusun Mrisi, Tirtonirmolo Kasihan Bantul menggelar program Desain Perencanaan Taman Wisata Dusun Mrisi Menggunakan Aplikasi SketchUp. Kegiatan digelar Februari 2021 melibatkan kelompok Sadar WIsata desa setempat.

Penanggungjawab kegiatan sekaligus dosen Teknik Sipil UMY, Emil Adly ST.,M.Eng mengatakan program ini membantu mendesain fasilitas sarana dan prasarana pengembangan taman wisata menggunakan software 3D sketchup untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Ide kegiatan ini bermula saat Pokdarwis sedang giat membuat taman, sehingga menumbuhkan gairah untuk membuat desain yang lebih terarah untuk pengembangan yang lebih lanjut. Selanjutnya dilakukan pertemuan antara ketua pengabdi dengan ketua dan pengelola taman (Pokdarwis) untuk diijinkan melakukan kegiatan,” katanya.

Ditambahkan selanjutnya adalah observasi lapangan dimulai dengan pantauan secara visual melibatkan beberapa mahasiswa untuk membatu. langkah awal adalah melakukan pengukuran, selanjutnya pengambilan gambar menggunakan drone dan penentuan elevasi dan penggambaran kontur tanah.

“Setelah itu itu proses desain dimulai yakni menggambarkan fasilitas berupa kamar mandi (bilas), area taman bunga dan bermain, desain kolam renang, desain tanggul danau sekaligus mejadi jogging track, gazebo, spot foto dan santai, pagar pembatas. setelah gambar dibuat gambar selanjutnya diserahkan kepada Pokdarwis untuk dievaluasi,” tambahnya.

Mitra sangat berterimakasih kepada tim pengabdi atas pencapaian desain yang telah dilakukan. Mitra akan menggunakan desain ini untuk mengajukan anggaran kepada desa dan pemerintah guna merealisasikan program kegiatan yang sudah di canangkan.

BERITA REKOMENDASI