PKM UMY Bantu Penerangan Jalan di Kanggotan Plered

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY di wilayah Kanggotan RT 09, Pleret, Bantul menggelar program Penerangan Jalan Sebagai Upaya Peningkatan Keselamatan Pengguna Jalan Lingkar Dusun Kanggotan. Kegiatan bertujuan mengantisipasi kejadian kecelakaan dan peningkatan keselamatan pengguna pada jalan.

“Metode kerja pemasangan dilakukan dengan kerja bakti oleh warga Dusun Kanggotan RW 06 dan dilaksanakan pada tanggal 28-29 Maret 2021. Pelaksanaan pemasangan lantai kerja dan pondasi tiang dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2021. Setelah lantai kerja dan pondasi tiang penerangan jalan sudah selesai dibuat, maka dilakukan pemasangan tiang penerangan jalan, kabel dan lampu yang dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2021,” kata Jazaul Ikhsan selaku dosenTeknik Sipil, Fakultas Teknik UMY sekaligus penanggungjawab kegiatan.

Hasil kegiatan pengabdian ini berhasil memasang penerangan jalan sepanjang 300 m dengan 20 titik lampu. Dengan adanya penerangan jalan ini, pemakai jalan juga akan lebih nyaman dan aman, terutama ketika melintas di malam hari.

“Kegiatan pengabdian ini merupakan kelanjutan kegiatan PKM UMY tahun yang lalu. Tahun 2020, kegiatan PKM berupa pemasangan pagar pembatas jalan dan kegiatan PKM 2021 berupa pemasangan lampu penerangan jalan,” tambahnya.

Dukuh Kanggotan, Wazirnuri mengaku sangat terbantu dengan adanya pengabdian ini, sehingga program pembuatan jalan lingkar pinggir sungai di Dusun Kanngotan dapat terselesaikan dengan sempurna, dari pengecoran, pemasangan pagar pembatas dan penerangan jalan. (*)

UMY

BERITA REKOMENDASI