PKM UMY Bantu Puskesmas Piyungan Tingkatkan Layanan Kesehatan

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berlangsung mengusung tema Kalibrasi, Perbaikan, dan Perawatan Peralatan Kesehatan Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Piyungan. Sesuai tema kegiatan, acara berlangsung di  Puskesmas Piyungan, 4 November 2020.

Ketua Pengabdian Masyarakat Meilia Safitri yang juga Dosen Teknologi Elektromedis Program Vokasi UMY mengatakan kegiatan diikuti 14 orang. Kegiatan yang diadakan yaitu

memberikan pelayanan berupa kalibrasi, perbaikan, dan perawatan peralatan kesehatan yang ada di Puskesmas Piyungan sebagai upaya dalam peningkatan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.

Pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari enam tahapan yaitu, Koordinasi dengan pengurus puskesmas Piyungan yang kemudian dilanjutkan dengan mengindentifikasi permasalahan peralatan kesehatan di Puskesmas Piyungan. Setelah proses indentifikasi selesai dilakukan selanjutkan dilaksanakan koordinasi Jadwal pelaksanaan kegiatan pengabdian dengan pengurus Puskesmas Piyungan.

Hal selanjutnya adalah Persiapan Peralatan dan Bahan yang dibutuhkan dalam pelakasanaan program pengabdian kepada masyarakat. Setelah persiapan selesai, selanjutnya pelaksanaan kegiatan perbaikan, perawatan, dan kalibrasi peralatan kesehatan, dan yang terakhir adalah evaluasi dan monitoring.

Sebaiknya kegiatan seperti dilanjutkan untuk setiap tahun. Hasilnya sangat bermanfaat bagi puskesmas dan masyarakat sekitar.      Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelayanan berupa perawatan, perbaikan, dan kalibrasi peralatan kesehatan di Puskesmas Piyungan sebagai upaya untuk peningkatan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat di Kecamatan Piyungan.  Kegiatan pengabdian ini telah berjalan dengan lancar dan perawatan, perbaikan, dan kalibrasi peralatan kesehatan berupa Tensimeter, Timbangan orang dewasa dan timbangan bayi, ECG, Nebulizer, sentrifuge, dan Fetal Doppler telah selesai dilaksanakan. (*)

BERITA REKOMENDASI