PKM UMY Bantu Sistem Pengarsipan Kantor Desa Cawas Klaten

Editor: KRjogja/Gus

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar program Peningkatan Layanan Administrasi melalui Pengembangan Sistem Pengarsipan di Kantor Desa Cawas, Kecamatan Cawas, Klaten.

Penanggungjawab kegiatan sekaligus dosen Teknologi Informasi Fakultas Teknik UMY, Haris Setyawan mengatakan program ini membekali pegawai bagian kearsipan Kantor Desa Cawas cara menggunakan aplikasi sistem pengarsipan. “Aplikasi ini menjadi solusi atas permasalahan pengarsipan yang telah sekian lama belum terselesaikan. Sistem pengarsipan mampu menyimpan arsip dalam bentuk data digital, yang sewaktu-waktu mudah untuk digunakan kembali,” katanya.

Ditambahkan persiapan program dilaksanakan melalui diskusi intensif antara pelaksana program dan mitra serta survei ke kantor Pemerintahan Desa Cawas. Hasil tahapan persiapan yang berupa analisis kebutuhan mitra kemudian digunakan untuk melakukan perencanaan sistem pengarsipan.

“Tahapan ini dilaksanakan di Laboratorium Basis data di Prodi Teknologi Informasi UMY
3. Implementasi dan Pelatihan Setelah selesai dirancang dan dikembangkan di laboratotorium TI UMY, kemudian diimplementasikan di kantor desa Cawas,” pungkasnya.

 

BERITA REKOMENDASI