PKM UMY Berdayakan Remaja Bodeh Jadi Kader Reproduksi Sehat

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebanyak 30 remaja Kampung Bodeh, Ambarketawang, Gamping Sleman mengikuti program pelatihan Kader Reproduksi Sehat. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Ketua Program Pengabdian yang juga Dosen Fakultas Kedokteran UMY, Dr dr Sri Sundari Makes, mengatakan tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan remaja agar dapat menjadi sumber informasi bagi sesama remaja tentang reproduksi sehat.

Pelatihan ini diberikan melalui 2 metode: metode pertama dengan memberikan flyer secara langsung yang bisa dipelajari sendiri. Metode kedua dengan memberikan pelatihan masing-masing 2x pertemuan. Untuk bekal pengetahuan mereka  akan dikembangkan modul yang dapat dipelajari oleh para remaja secara mandiri sebagai acuan dalam menyebarkan pengetahuan kepada teman sebaya.

Sebelum dilakukan intervensi dengan memberikan flyer dan pelatihan, pengetahuan mereka tentang kesehatan reproduksi diukur dengan menggunakan google form. Setelah intervensi pengetahuan mereka tentang kesehatan reproduksi remaja diukur kembali. Selain itu mereka diminta untuk memberikan masukan terkait pelatihan yang diberikan secara terbuka.

Tangapan peserta secara umum sangat positif, mereka menganggap bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dan akan lebih baik jika kegiatan dilakukan secara teratur untuk menambah pengetahuan mereka. Pengabdian yang dilakukan melalui dua metode yaitu secara langsung dan tidak langsung dapat meningkatkan pengetahuan remaja tentang reproduksi sehat. (*)

BERITA REKOMENDASI