PKM UMY Beri Penyuluhan untuk Ciptakan Lansia Sehat dengan Jakulawak

SLEMAN, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengusung program ‘Lansia Sehat, Mandiri dan Produktif dengan Toga Jakulawak’. Program tersebut berlangsung di Dusun Patukan, Gamping Sleman Juni 2020.

Ketua Pengabdian Yoni Astuti yang juga Dosen Kedokteran UMY mengatakan kegiatandiikuti 15 lansi. “Tujuan kegiatan ini adalah mengupayakan lansia sehat, mandiri dan berproduktif dengan bertanam tanaman Toga jakulawak (jahe, kunir, temulawak) yang dibutuhkan untuk kesehtan mereka sendiri,” kata Yoni Astuti.

Kegiatan dilakukan dengan beberapa kali pertemuan diantaranya  penyuluhan tentang bertanam jakulawak, manfaat tanaman jakulawak, praktek membuat minuman instan jakulawak. Tanggapan peserta berterimakasih atas pengabdian yang dilakukan karena mendapat tambahan ilmu dan ketrampilan cara membuat minuman istan jakulawak dan mendapat bibit jakulawak   Terdapat peningkatan pengetahuan mitra pada kegiatan ini.

Kegiatan ini menginisiasi lansia dan masyarakat umumnya di daerah Gamping untuk meningkatkan kesehatan melalui bertanam jakulawak dan memanfaatkan hasilnya.

BERITA REKOMENDASI