PKM UMY Berikan Pelatihan Makanan Berbasis Olahan Pangan Lokal

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan pemberdayaan anggota Aisiyah di lingkngan Ranting Tamantirto Utara dan Ngestiharjo. Pemberdayaan yang dilakukan berupa keterampilan mengolah bahan pangan lokal ubi jalar dan tepung mocaf menjadi makanan yang disukai konsumen kekinian.

Ketua PKM Ir Eni Istiyanti MP dari Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UMY mengatakan kegiatan berlangsung antara bulan Maret hingga Juli 2020. Untuk Aisiyah Ranting Tamantirto Utara berlangsung 15 Maret dan Ngestiharjo 25 Juli. “Masing-masing tempat diikuti sekitar 15 orang,” kata Eni Istiyanti.

Pelatihan diberikan dalam bentuk pembuatan kue berbahan baku tepung mocaf menjadi brownies, risoles mayones, dan coklat kacang. Selain itu juga pembuatan kue dengan bahan baku ubi jalar menjadi brownies dan pizza.

Usai pelatihan diberikan bantuan peralatan berupa oven, panci kukus, wajan dan serok, cetakan kue, timbangan.

Peserta sangat mendukung kegiatan pengabdian masyarakat ini dan berharap pada waktu yang akan datang diadakan kegiatan yang serupa. Ibu-ibu anggota Aisyiyah Ranting Tamantirto Utara dan Ngestiharjo antusias mengikuti pelatihan membuat kue dari tepung mocaf dan ubi jalar. (*)

BERITA REKOMENDASI