PKM UMY Buat Jalan Beton untuk Warga Kembang, Tamantirto Kasihan

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan pengerasan jalan untuk jalan tembus Masjid Al-Jannah Kembang, Tamantirto, Kasihan Bantul.  Melalui program pengabdian masyarakat ini, warga dibantu membuat perkerasan beton pada jalan sehingga tidak licin dan berdebu.

Menurut Ketua PKM As’at Pujianto yang juga Dosen Program Profesi Insiyur Fakultas Teknik UMY, program ini untuk membuat perkerasan beton pada jalan sehingga tidak licin dan berdebu.

Tamantirto merupakan sebuah kelurahan yang terletak di kecamatan Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tamantirto terdiri dari 10 kampung dengan luas wilayah 672 ha. Salah satu kampung yang ada yaitu kampung Kembang yang terletak di barat kampung Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul.

Secara umum kondisi prasarana jalan yang ada di kampung Kembang bermacam-macam, ada jalan yang sudah di aspal dan ada juga yang sudah diperkeras dengan beton, namun ada juga yang masih jalan tanah. Salah satu prasarana yang ada di kembang yaitu jalan menuju masjid.

Selama ini jalan menuju masjid dari arah selatan melewati halaman-halaman warga, namun dengan berkembangnya daerah, yang semula berupa halaman dijadikan  bangunan (rumah kontrakan), sehingga jalan menuju masjid dialihkan. Kondisi jalan saat ini berupa jalan tanah, yang jika musim hujan kadang-kadang becek, dan pada saat musim kemarau berdebu.

Solusi yang dapat dilaksanakan dalam mengatasi masalah yang berada dalam masalah mitra, yaitu membantu membuat perkerasan beton pada jalan tersebut lebih nyaman ketika pergi dan pulang ke Masjid, tidak becek atau berdebu. (*)

BERITA REKOMENDASI