PKM UMY Dampingi Pengelolaan Sampah Desa di Desa Geblagan

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dilaksanakan di Dusun Geblagan, Tamantirto, Kasihan Bantul. Program dalam bentuk pendampingan pengelolaan sampah desa dengn model ‘Sodaqoh Sampah’ yang berlangsung 27 Oktober 2020.

Ketua Program PKM yang juga Dosen Fisipol UMY, Ali Muhammad mengatakan kegiata diikuti sekitar 15 remaja masjid serta 10 takmir Masjid Baitussalam. “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi para aktivis pemuda Masjid [Risma],” kata Ali Muhammad.

Pelatihan berupa ceramah dan siskusi untuk melakukan pengelolaan sampah dengan konsep Sodaqoh sampah. Awalnya, peserta dikumpulkan untuk mengikuti pelatihan pengelolaan sampah. Sebagai narasumber atau trainer adalah Ananto Isworo seorang pendiri gerakan Sodaqoh sampah.

“Materi yang diberikan adalah apa dan bagaimana pengelolaan sampah dengan konsep Sodaqoh Sampah. Setalah pelaksanaan ini, diharapkan bisa dipraktekan dalam masyarakat,” kata Ali Muhammad.

Menurut Dr Muhammad Yamin, selaki takmir masjid, ia sangat mendukung kegiatan ini  dan peserta lainnya mengharapkan agar konsep sodaqoh sampah ini terus dikembangkan di masjid-masjid yang lain. Pengelolaan sampah ini akan bermanfaat tidak saja bagi bagi pengelolaan sampah tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat yang kurang mampu, karena hasil penjualan sampah daur ulang ini kemudian  akan disumbangkan ke masyarakat yang membutuhkan. (*)

BERITA REKOMENDASI