PKM UMY Dampingi PPL Mukti Mulia

SLEMAN, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pelatihan kepada Pesantren Pemberdayaan Lansia Mukti Mulia di Bakungan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman Yogyakarta. Program pengabdian ini diikuti 23 orang dari 160 anggota pesantren.

Ketua Program Pengabdian yang juga Dosen Teknik Sipil UMY Ir Wahyu Widodo MT dan anggota Dr Ir Sudarja mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengurus dalam hal pembukuan. Peningkatan kualitas prasarana kegiatan yang berupa halaman (ditinjau dari hal drainase air hujan, dan kerataannya)

serta peningkatan kepuasan anggota PPL Mukti Mulia.

Pelatihan excel dilaksanakan sebanyak dua kali, di samping pendampingan oleh tim pengabdian. Pelatihan ini ditujukan kepada pengurus PPL Mukti Mulia dan beberapa anggota yang berminat.

Sasarannya adalah dapat melakukan pembukuan dengan file Excel. Materi yang diberikan meliputi: Dasar-dasar Excel, fasilitas Excel, formula dan fungsi, mengolah lembar kerja, link, dan pembuatan grafik sederhana. Kegiatan pelatihan Excel ini direkam video dan diunggah di YouTube dengan link https://youtu.be/yGgv4kOC_Sg.

Air hujan diatur dengan suatu sistem drainase yang sederhana. Air hujan yang jatuh di wilayah PPL Mukti Mulia dibagi menjadi dua, yaitu sebagian diarahkan ke resapan dan sebagian dialirkan ke luar halaman. Untuk mengalirkan air hujan ke luar halaman digunakan pipa PVC berdiameter 4 inci dilengkapi dengan pipe fitting berupa elbow, dan sock penyambung.

Untuk pengerasan halaman, dipilih pengerasan menggunakan paving block. Paving block dipilih karena memiliki keungulan dibanding cor ataupun aspal. Keunggulan tersebut adalah: harga relatif lebih murah, perawatan mudah, mempunyai daya serap air lebih tinggi, dan mudah diganti. Tipe paving block yang dipilih adalah tipe bata dengan ukuran 21 cm x 10 cm. Jenis ini adalah jenis yang paling populer dan sering digunakan di berbagai macam  tempat mulai dari rumah kecil hingga bangunan-bangunan besar. Pemasangan paving block menggunakan model atau pola tulang ikan 45o. Pola ini memiliki kelebihan, yaitu memiliki daya penguncian yang paling baik dibanding pola lainnya.

Persiapan lahan dan pemasangan paving block dilakukan oleh tenaga tukang khusus, pembantu tukang, dan bantuan dari masyarakat sekitar, serta disupervisi langsung oleh tim pengabdian dan pengurus PPL Mukti Mulia. Kegiatan pemasangan paving block direkam dalam bentuk video dan diunggah ke YouTube dengan link: https://youtu.be/QRsSXulkqJs. (*)

BERITA REKOMENDASI