PKM UMY Gelar Pelatihan Gawat Darurat Nafas bagi Remaja Masjid

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Program Studi Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY menggelar program Edukasi dan Pelatihan Online Peningkatan Kapasitas Remaja Masjid dan Masyarakat sebagai Kader Pertolongan Pertama Kegawatan Nafas. Kegiatan digelar secara virtual melalui Zoom Meeting pada 08 Agustus 2021 dengan peserta remaja Masjid Al-Muttaqin Selokambang, Gatak, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Ketua Program Kemitraan Masyarakat (PKM) sekaligus dosen program Studi Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, dr. Syaiful Fatah Husein mengatakan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan pertolongan pertama pada kegawatdaruratan kepada remaja masjid dan masyarakat sehingga mereka mampu mengenali tanda-tanda kegawatdaruratan nafas.

“Diharapkan dilingkungan dan tetangga sekitar dan nantinya mereka mampu menentukan langkah tepat dan cepat dalam memberikan pertolongan,” katanya.

Ditambahkan kegiatan menghadirkan 2 pemateri yaitu dr. Yosy Budi Setiawan, Sp.An., M.Sc dan dr. Akhmad Syaiful Ftaha Husein, Sp.An. Materi yang disampaikan berupa kasus kegawatan khususnya kasus Covid-19.

Peserta mengharapkan kegiatan seperti ini akan terus diadakan sehingga mereka mendapatkan informasi terupdate dan terpercaya khususnya mengenai Covid-19 yang saat ini banyak beredar info info palsu.

 

UMY

BERITA REKOMENDASI