PKM UMY Gelar Pelatihan Tahsin Quran Secara Online

Editor: KRjogja/Gus

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) menggelar Peningkatan Tahsin Al Quran Pada Anggota Tahsin ‘Aisyiyah Kraton’. Kegiatan diadakan secara virtual dengan menggunakan media sosial WA dan Zoom. Pelaksanaan pendampingan Tahsin Al Qur’an dilakukan selama 2 hari pada setiap pekan yakni pada hari kamis dan sabtu pukul 07.00- 09.00.

Penanggungjawab kegiatan sekaligus dosen Pendidikan Bahasa Arab/ Fakultas Pendidikan Bahasa UMY mengatakan tujuan khusus dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan tahsin dengan membentuk kelas online untuk meningkatkan bacaan Al Quran dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid. ” Pendampingan anggota Tahsin ‘Aisyiyah Kraton pada kegiatan tahsin al-Qur’an menggunakan metode sorogan atau ‘Ardu Qira’ah (setoran bacaan) dengan membentuk kelas online, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi,” katanya.

Ditambahkan selain pelatihan tahsin, juga digelar kajian online dengan tema kemuhammadiyahan dan urgensi bahasa Arab dalam memahami dan mentadabburi Al Qur’an. “Semoga melalui program ini pengetahuan dan keterampilan dalam tilawah Al Quran peserta meningkat. Selain itu, peserta juga mendapat ajakan moral untuk senantiasa membaca kitab suci Al-Qur’an dan mendekatkan diri dengan Al-Qur’an,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI