PKM UMY Gelar Pendidikan Literasi Siswa TPA Lewat Buku Cerita

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Pendidikan Bahasa Jepang UMY menggelar kegiatan Pendidikan Literasi kepada Anak TPA Melalui Buku Cerita Sarat Pesan Moral, di TPA Assholihin Kepuhan Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Kegiatan digelar pada 18 Juli 2021 diikuti takmir mesjid, direktur TPA, Ustad/Ustadzah dan siswa/siswi TPA.

“Pendidikan pada usia dini penting untuk mendapatkan perhatian khusus, masa golden age yang harus dioptimalkan salah satunya dengan memberikan stimulus bacaan yang sarat makna agar muncul dalam diri inspirasi untuk menjadi manusia yang unggul dan bermoral tinggi,” kata Ketua Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Pendidikan Bahasa Jepang UMY, Arsyl Elensyah Rhema Machawan.

Ditambahkan kegiatan inti yaitu mendemonstrasikan baca nyaring cerita rakyat Jepang kemudian dengan nilai-nilai yang dikandungnya kemudian cerita Islami, menginternalisasi nilai dalam cerita, dan memberi kesempatan peserta untuk mendongeng.

Direktur TPA, Suratnowanto, S.T. mengatakan acara tersebut bagus untuk menambah wawasan audience, sayang audience banyak yang malu-malu. Harapannya akan muncul kesadaran pentingnya membaca, terutama bagi ibu-ibu yang notabene sebagai guru pertama bagi anak. Acara berlangsung dengan lancar, meski offline protokol kesehatan tetap dijaga.

BERITA REKOMENDASI