PKM UMY Gelar Webinar ‘Dislipidemia dan Gangguan Infertilitas Pada Pria’

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) prodi Ilmu Kedokteran / FKIK UMY menggelar Webinar pada tgl 20 Juni 2021, dengan tema Webinar Kesehatan Seksualitas “ Dislipidemia dan Gangguan Infertilitas Pada Pria. Webinar ini adalah implementasi program dengan tema RISIKO DISLIPIDEMIA PADA PASIEN PRIA DENGAN INFERTILITAS BERAT DENGAN DAN TANPA HIPOGONADISME.

Ketua Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) sekaligus dosen prodi Ilmu Kedokteran/Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, dr. Agus Widiyatmoko, Sp. PD, M. Sc mengatakan kegiatan diikuti pasien pria dengan infertilitas berat yang berkunjung ke poliklinik Dislipide RS AMC Yogyakarta.

Selain itu kegiatan juga bertujuan deteksi risiko Dislipidemia pada pasien pria dengan infertilitas berat dengan dan tanpa hipogonadisme. Sehingga dapat dijadikan pedoman dalam menyusun Dislipid pelayanan terintegrasi pada kasus infertilitas berat dengan Dislipidemia sebagai akibat dari kondisi hipogonadisme.

“Sebelum melakukan Webinar, tim pengmas memebrikan soal pre tes kepada pesrta untuk mengetahui tingkat pemaham tentang Dislipidemia sampai mana, dan setelah webinar selesai juga memberikan post test untuk mengetahui sejauh mana penyerapan dari webinar yang telah diselenggarakan,” katanya.

Salahsatu peserta webinar mengakui mendapatkan jawaban yang sangat jelas mengenai masalah pada spermanya yang kurang dari normal, meski sudah berusaha menurunkan Indeks dalam tubuh (BMI) dan berhasil menurunkan BMI, tapi setelah saya cek sperma lagi tapi kondisi sperma belum normal.

Webinar menghadirkan 2 Pembicara dengan topik pembahasan yang sangat menarik, seperti Dislipidemia apa dan Bagaimana oleh dr. Agus Widiyatmoko, Sp. PD, M. Sc, dan topik ke-dua yaitu Gangguan Seks dan Sperma Terkait Dislipidemia pada Laki-laki oleh Dr. dr. Dicky Moch Rizal, M. Kes, Sp. And (K).

 

BERITA REKOMENDASI