PKM UMY Inisiasi Pendirian Bank Sampah ‘Kluwih Resik’

SLEMAN, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan inisiasi pendirian dan pengelolaan bank sampah dan komposting, di Dusun Kluwih, Balecatur, Gamping, Sleman. Kegiatan sosialisasi diikuti 15 orang yang meruapakan pengurus dan anggota Karang Taruna.

Ketua PKM Ulung Pribadi mengatakan kegiatan berupa sosialisasi dampak positif dari pengelolaan sampah bagi kebersihan, kesehatan dan kenyamanan lingkungan. Setelah itu pengabdi mengadakan pelatihan bagi masyarakat Dusun Kluwih dalam mengelola sampah hingga menjadi pupuk kompos. Selain sosialisasi, dan pelatihan, pengabdi juga akan mendapingi masyarakat sampai terbentuknya bank sampah di Dusun Kluwih.

“Pelaksanaan pengabdian masyarakat di Dusun Kluwih sempat tertunda selama lima bulan (Maret-Juli) karena masa pandemi covid-19. Situasi ini telah membuat seluruh kegiatan sempat terhenti dikarenakan belum adanya tanda penurunan penyebaran virus corona covid-19. Dengan mempertimbangkan situasi serta kondisi, tim mencoba untuk berkunjung kembali ke Dusun Kluwih pada tanggal 5 Agustus 2020,” papar Ulung Pribadi kepada KRjogja.com.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pendampingan pembuatan bank sampah yang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus Pkl 19.30 Wib dihadiri oleh seluruh tim pengabdi, perwakilan pengurus karang taruna “Swayawatwika” dan beberapa masyarakat yang ada di sekitar kediaman Kepala Dukuh. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti standar protocol covid-19.

Tim pengabdi melaksanakan kegiatan sosialisasi dengan mematuhi standar potokol covid-19. Tim pengabdi juga tetap melaksanakan kegiatan walaupun jumlah yang hadir kurang dari 15 orang. Kegiatan ini juga turut mengundang nara sumber yaitu Bapak Ahmad Zaenal Fanani SPd MA yang menyampaikan materi mengenai bank sampah dan composting, tugas-tugas pokok dan fungsi struktur bank sampah, manfaat dari sampah yang dikelola, serta cara mensosialisasikan ke masyarakat.

Dalam kegiatan pengabdian ini telah menginisiasi pendirian dan pengelolaan bank sampah di Dusun Kluwih dengan nama “Bank Sampah Kluwih Resik”, dengan struktur ke anggotaannya berasal dari anggota karang taruna “Swayasatwika”. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini telah menumbuhkan kepedulian, partisipasi, semangat gotong royong khususnya pada generasi muda Dusun Kluwih untuk mengambil peran dalam pengelolaan sampah. (*)

BERITA REKOMENDASI