PKM UMY Inisiasi Perpustakaan di TPQ Darul Falah Argasoka

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Masih rendahnya minat baca dan literasi masyarakat terutama anak menjadi perhatian Tim PKM UMY dengan membangun perpustakaan di TPQ Darul Falah Argasoka Banjarnegara Jawa Tengah. Tim dengan dosen pembimbing dr. Merita Arini, MMR. & Dr. Dr. Nur Hidayah, SE, MM mengadakan berbagai kegiatan guna meningkatkan partisipasi masyarakat dengan mendorong keaktifan peserta didik sampai terbentuknya kurikulum dan aktivitas yang membangun budaya literasi anak di TPQ Darul Falah.

“Kegiatan dimulai dari assessment kebutuhan, dan dilanjutkan dengan perumusan pemecahan masalah bersama mitra. Dari sini akhirnya tersusun program kegiatan yang dimulai dari pembentukan perpustakaan anak serta penertiban administrasi. Selain itu juga didorong partisipasi masyarakat melalui donasi buku anak dan dukungan untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya,” ungkap dr. Merita Arini, MMR. & Dr. Dr. Nur Hidayah, SE, MM.

Menurutnya, perpustakaan diselenggarakan di Aula Masjid Darul Falah yang merupakan tempat di mana anak-anak TPQ biasa melakukan aktivitas belajar setiap sore hari ba’da ashar. Untuk menambah semarak, diselenggarakan juga lomba-lomba untuk anak yang terdiri dari lomba adzan, lomba sholat, lomba hafalan juz ‘amma, serta lomba berkisah. Kegiatan ini dimaksudkan agar siswa TPQ belajar tampil di depan umum dan berlatih public speaking. Selain itu, termasuk yang terkait dengan literasi adalah diharapkan anak mulai membaca buku-buku dan menceritakannya kembali dalam lomba berkisah.

Perpustakaan secara resmi dilaunching pada hari Jum’at, 26 Maret 2021 dengan pengguntingan pita oleh ketua RT setempat dan didampingi oleh pengurus TPQ dan Takmir Masjid Darul Falah. Launching perustakaan TPQ Darul Falah ini dilakukan bersamaan dengan momentum peringatan Isra’ Mi’raj 1442 H.

Dalam acara yang bertajuk ‘Hari Berkisah’ ini, diundang pendongeng anak yang merupakan trainer TPQ Kabupaten Banjarnegara. Pembicara memberikan motivasi untuk gemar belajar dan membaca bagi anak-anak. Selain itu, diumumkan juara lomba-lomba dan pembagian hadiah kepada para pemenang dan seluruh santri yang hadir mendapatkan bingkisan.

BERITA REKOMENDASI