PKM UMY Kembangkan Kuliner Berbahan Salak di Desa Mranggen Salaman

MAGELANG, Krjogja.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyasar Kelompok PKK Desa Mranggen, Kecamatan Salaman, Magelang. Kegiatan yang dilakukan berupa pendampingan kuliner berbahan salak yang ada di desa tersebut.

Ketua PKM Dr Ir Triwara Buddisatyarini MP yang jug dosen Agribisnis UMY mengatakan program pengabdian dilaksanakan untuk mendukung Desa Mranggen, Srumbung Magelang menjadi desa wisata. Kegiatan yang diikuti 40 orang anggota PKK ini sudah berlangsung Februari 2020.

Menurut Triwara, kegiatan diawali dengan sosialisasi pentingnya kuliner berbahan baku lokal untuk menunjang keberadaan desa wisata. Dilanjutkan dengan pelatihan beberapa macam olahan berbahan salak. “Setidaknya ada 4 macam kuliner yang sempat dilatihkan yaitu dodol salak, brownies salak, donut salak dan cookies salak,” kata Triwara.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan pengarahan untuk cara memasarkannya. Namun, jenis olahan lain belum sempat dilatihkan keburu wabah Covid melanda.

Peserta sendiri sangat antusias menerima pelatihan dan menginginkan pelatihan sejenis untuk memperkaya wawasan tentang kuliner berbahan baku lokal yang lain. (*)

BERITA REKOMENDASI